Selasa, 08 Desember 2015

KELAINAN PADA SISTEM SARAF

Stroke
Istilah lainnya Cerebrovascular Accident (CVA) atau Cerebral Apoplexy, yaitu kerusakan otak yang disebabkan karena  tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah pada otak. Stroke juga dapat dipicu oleh tekanan darah tinggi (hipertensi).

Poliomielitis
Yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang neuron-neuron motorik system saraf
pada otak dan medula spinalis.

Epilepsi
Yaitu penyakit yang disebabkan karena dilepaskannya letusan-letusan listrik (impuls) pada neuron-neuron otak. Selain itu, epilepsy juga disebabkan karena terdapatnya jaringan parut pada otak, tumor, gangguan metabolism, dan lain-lain. Epilepsy ditandai dengan kejang-kejang dan hilang kesadaran.

Parkinson
Yaitu penyakit yang disebabkan karena berkurangnya neurotransmitter dopamin pada basal ganglia. Gejala penyakit ini yaitu; tangan gemeteran sewaktu istirahat tetapi gemeteran itu hilang sewaktu tidur, sulit bergerak, kekakuan otot, otot muka kaku menimbulkan kesan seolah-olah bertopeng, mata sulit berkedip, dan langkah kaki menjadi kecil dan kaku sehingga sulit bergerak.

Transeksi
Yaitu kerusakan pada  seluruh segmen tertentu dari medula spialis. Misalnya; karena jatuh, tertembak yang disertai dengan hancurnya tulang belakang.

Neurasthenia
Istilah lainnya Lemah Saraf, yaitu penyakit yang disebabkan karena pembawaan dari lahir, terlalu berat penderitaannya, rohani terlalu lemah atau karena penyakit keracunan.

Neuritis
Istilah lainnya Radang Saraf, yaitu penyakit yang terjadi karena pengaruh/benturan  fisik seperti; patah tulang, tekanan karena pukulan, dan dapat pula karena racun atau difisiensi vitamin B1, B6, dan B12.

Amnesia
Yaitu ketidakmampuan seseorang untuk mengingat atau mengenali kejadian yang terjadi dalam suatu periode dimasa lampau. Biasanya kelainan ini disebabkan karena akibat guncangan batin atau cidera otak.

Cutter
Yaitu kelainan dimana penderitanya selalu melukai dirinya sendiri pada saat depresi, stres, atau bingung, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar